Mengenal Ambung, Salah Satu Kerajinan Tangan Suku Talang Mamak

Talang jerinjing, 25/6/2020 Masyarakat Adat Talang Mamak tidak bisa dipisahkan dengan kebudayaan dak kerajinan tangan, meski Wilayah Adat semakin menyempit yang disebabkan oleh kebun kelapa sawit masyarakat adat Talang Mamak masih mempertahankan budaya, kerajinan tangan, kearipan lokal serta hutan keramat.

Salah satunya di kampung sungai bungin komunitas Talang Jerinjing desa Talang jerinjing kecamatan Rengat Barat, ada seorang bernama pak larangan yang masih melestarikan kerajinan tangan yang terbuat dari rotan. Ambung namanya

Menurut pak Larangan, Ambung ini terbuat dari bahan rotan yang dipilih dan diambil dari hutan adat. Saat ini bahan baku untuk membuat Ambung sangat sulit didapatkan, hanya di tempat tempat tertentu adanya ujar pak Larangan.

Ambung ini banyak sekali kegunaannya,salah satu nya untuk tempat mengambil kayu bakar dihutan dan tempat buah – buahan seprti ubi,durian, mangis dan sayuran. Selain itu Ambung tersebut juga bernilai Ekonomi, bisa menambah pendapatan. Biasanya kami jual satu Ambung itu seharga 100.000 tutup pak Larangan

pak larangan sebagai masyarakat adat talang jerinjing mengajak masyarakat Adat untuk menjaga hutan yang masih tersisa agar bahan baku anyaman bisa tersedia setiap masa.

Penulis:Suher ketua BPAN Inhu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *