Penanaman Batu sebagai Tanda di makam Leluhur Oleh Masyarakat Adat Talang Sungai Jirak

Sungai jirak, 31/05/2020, Masyarakat adat di komunitas Talang Sunagi Jirak mengunjungi makam leluhur Pendekar Hitam. tujuan mereka mengunjungi makam leluhur untuk bersilaturahmi ke makm leluhur sekali gus memberi tanda dan membersihkan makam keramat Pendekar Hitam.

Kebiasaan ini biasa nya sering dilakukan oleh Masyarakat Adat Talang mamak ziarah kemakam leluhur sebagai mana ikatan anak cucu dengan nenek moyang, Kunjungan ini biasanya di lakukan pada saat lebaran. Pada saat kunjungn kesempatan ini masyarakat Adat Sungai Jirak memberi Tanda makam leluhur dengan menanam batu empat sudut makam, tanda makam di buat supaya makam tidak hilang dan di ketahui oleh anak cucu generasi penerus. 

Penandan dengan menanam batu empat sudut tersebut di hadiri oleh manti adat sungai jirak(Siudi), nenek mamak, Amai Amai dan pemuda Adat Sungai Jirak. Sebelum memberi tanda ninik mamak, tuha tahu dan Manti di Komunitas Adat Talang Sungai Jirak melakukan Musyawarah mupakat dan mendapat keaepakatan akan beri tanda semua makam keramat yang ada di sungai jirak. Tetapi baru makam Pendekar Hitam yang di beri tanda.

Sebelum menanam batu di empat sudut makam, Manti Siudi dan tetua melakukan Ritual Adat dengan membakar kemenyan, untuk pamit dan sekaligus jangan tegur sapa oleh leluhuh kepada anak buah kepenakan Manti sungai Jirak. Karna menurut orng talang mamak apa bila leluhur menegur akan mengakibatkan orang yang di tegur Sakit demam

Selain itu tujuan Masyarakat Adat Talang Sungai Jirak mengunjungi makam dan memberi tanda masyarakat Adat juga meminta perlindungan kepada leluhur supaya Covid-19 tidak masuk ke suku Talang Mamak karena sepanjang pepatah orang talang mamak Yakin dinang dak ada Pecaya kenang dak nampak.

Penulis:Gandi

Pemuda Adat Sungai Jirak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *