AMAN Inhu Beri pelatihan Penguatan Kader Masyarakat Adat Talang Mamak

Belilas – Jumat, 28 Februari 2020. Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Daerah Indragiri Hulu Mengadakan Pelatihan Penguatan Kader Masyarakat Adat Talang Mamak yang di laksanakan pada tanggal 26-27 Februari 2020 di hotel miki mutiara, belilas.


Dalam acara tersebut hadir para batin adat talang mamak, pemuda adat talang mamak. Acara tersebut dibuka langsung oleh ketua Dewan AMAN Inhu, Iskandar mengatakan ucapan terima kasih kepada para batin adat talang mamak serta para narasumber yang hadir dalam acara ini untuk memberikan ilmu pengetahuan yang sangat berguna bagi masyarakat adat talang mamak.


Dalam kegiatan tersebut gilung selaku badan penggurus harian AMAN Inhu menyampaikan terkait dengan awalnya AMAN Inhu di Talang Mamak sejak tahun 2010 sampai dengan saat ini, yang telah dilaksanakan oleh AMAN Inhu sesuai dengan amanah para batin adat talang mamak sejak tahun 2013 telah melakukan pemetaan partisipatif bersama masyarakat adat talang mamak, serta pengumpulan data-data masyarakat adat seperti penulisan sejarah, hukum adat, mengadvokasi Pengakuan dan banyak hal lagi yang lainnya terkait Pengakuan dan Pemenuhan Hak Masyarakat Adat Talang Mamak.


Di hari pertama materi yang di sampai kan oleh syafrizaldi all jpan dari malaka institute terkait dengan keorganisasian yang mana kita bisa membuka pikiran bersama-sama untuk melihat sejauh ini apa yang telah kita pahami tentang organisasi  , apa yang bisa kita pahami tentang masyarakat adat Talang Mamak itu?
Belajar tentang cara menggunakan otak kiri dan kanan, yang selama ini kita sering menggunakan otak kiri saja sementara otak kanan tidak sering digunakan.


Pemahaman tentang organisasi harus mempunyai sikap dasar, keahlian komunikasi, mempunyai keterampilan yang berpusat pada kebutuhan orang lain atau komunitas, bisa mengembangkan daya cipta bagi masyarakat adat.
“ilmu apabila di gali akan semakin dalam, dipanjat akan semakin tinggi”.

Di hari kedua pelatihan narasumber dari Nagari Institute bapak Zulkifli SH Menyampaikan terkait dengan penguatan hak masyarakat adat atas tanah dan sumber daya alam.
Dalam kegiatan itu para peserta pelatihan dibagi menjadi dua kelompok yang mana para batin adat bersama tetua adat dikelompokkan menjadi satu sementara para pemuda adat juga di jadikan satu kelompok.

Disetiap kelompok memilih dua pertanyaan yang mana akan di diskusikan di kelompoknya masing-masing. Kelompok batin adat memilih yakni tentang siapa masyarakat adat itu? Dan apakah hukum adat itu!
Sementara para pemuda di berikan pertanyaan tentang apakah hak azasi manusia itu? Serta apakah FPIC itu?
Kedua kelompok berdiskusi untuk menjawab pertanyaan yang akan disampaikan kepada kelompok lain.


Batin Irasan sebagai peserta menyampaikan diskusinya bersama para batin tentang siapa itu masyarakat adat? Yang mempunyai wilayah adat, mempunyai struktur kelembagaan adat, hukum adat, budaya mempunyai sejarah asal usul.


Para Pemuda Adat Talang Mamak menyampaikan pengertian tentang apakah FPIC itu? membuka peluang untuk mengambil keputusan, free bebas untuk memilih ya atau tidak. Semua keputusan kita harus di sepakati bersama-sama terlebih dahulu. Banyak lagi yang dijelaskan terkait dengan FPIC tersebut.
Sedangkan terkait hak azasi manusia adalah bersifat universal tidak memandang status usia dan tentang kepribadian. Hak manusia berbeda-beda hak Azasi nya, karena hak itu semua sama dari lahir telah memiliki hak.


Dalam Diskusi tersebut juga saling bertanya jawab terkait dari hasil yang disampaikan oleh masing-masing kelompok.
Selanjutnya materi disampaikan oleh alqaf afandi dari AsM law office tentang pemanfaatan sumber daya alam Di wilayah adat. Proses dan ketentuan adatnya harus mulai dari sekarang harus disusun tata cara untuk mempertanahkan tanah Talang mamak. landasannya kita harus tahu tata cara penyelesaian nya, kewajiban-kewajiban pemegang hak harus juga tahu larangan dan pantangan kita harus juga tahu.
Banyak ha

Penulis:Arwan infokom PD AMAN Inhu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *