AMAN Inhu: Veripikasi Data Profil 21 komunitas Adat Suku Talang Mamak

Inhu,15/02/ 2020. Barisan Pemuda Adat Nusantara Indragiri Hulu (BPAN Inhu) dan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Indragiri Hulu (AMAN Inhu) yang tergabung dalam Tim pengalian Data Sosial dan non spesial melakukan veripikasi data profil komunitas sebanyak 21komunitas 18 diantaranya sudah melakukan pemetanan Skala luas Wilayah Adat.

21 komunitas yang di gali sejarahnya diantaranya komunitas Anak Talang, Cenaku Kecil, Alim, Sipang, Muncak, Aurcina, Pejangki, Beligan, Muko muko, Talang Jerinjing, Sungai Limau, Parit, Kadabu, Perigi, Ampang Delapan, Durian Cacar, Tujuh tangga, Pring Jaya, Selantai, Dua Puluh Patar dan Sungai Jirak. Menurut Gilung ketua AMAN Inhu kita sebanyak 19 Orang melakukan Penggalian data Untuk pelengkapi data yang sudah ada, 18 diantaranya sudah punya data dan tinggal melengkapinya, tiga komunitas kita mulai dari Awal penggalian datanya karna belum ada penggalian data profil komunitas sebelumnya kata Gilung.

19 Orang tersebut di bagi menjadi 5 kelompok dan menggali data 21 komunitas yang melibatkan Anak Anak muda, menurut Suher(Ketua BPAN Inhu) Anak muda Harus berperan penting dalam Tim ini sebab Transpormasi Ilmu dari tetua ada pada saat penggalian Data ini banyak sejarah yang belum kita ketahui dan itu di ceritakan oleh Tetua, jadi ini kesempatan kita ujar suher, “sambil menyelam minum Air”

Penggalian sejarah ditalang sungai limau Contohnya kita berbual bual dirumah nya pak jangkung tokoh Adat di sungai limau bersama batin adat sungai limauĀ SimadiĀ beserta perangkat pemnagku adat manti ketuha berempat dan Ninik mamak.

Kami memberikan pertanyaan dan jawaban Batin dan tetua yang isinya tentang sejarah kampung. Ini akan rugi besar bila anak2 muda di kampung tidak terlibat dalam proses ini tutup suher.

Kegiatan ini berjalan selama Tujuh hari. Yang menyebar di 4 kecamatan yaitu Rengat barat, Seberida, Rakit Kulim dan Batang cenaku. Tujuan dari Veripikasi Agar data komunitas sempurna dan sebagai Sarat untuk Pengakuan

Penulis:Suher dan Supriadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *