Mempringati Hari Kebangkitan Masyarakat talang Mamak di meriahkan dengan Pencak Silat

Aur cina 15/1/2020 suku Talang Mamak meriahkan hari kebangkitan masyarakat Adat Talang Mamak di Luak/komunitas Batin pembubung Aur Cina. ini salah satu kebanggaan bagi talang mamak sebagai hari yang di Banggakan.

Peringati hari kebangkitan talang mamak yang ke tujuh, tepat nya setiap tanggal 14 januari setiap tahunnya. Setelah disepakati melalui maklumat Gawai Gedang 2018 yang lalu.

Dalam acara ini dihadiri kurang lebih 100 orang Dari 14 Luak Talang Mamak. dan pengurus besar Aliansi Masyarakat Adat Nusantara( AMAN ). Sinung bagian advokasi PB AMAN menyampaikan Talang mamak saat ini sedang menanam dak kelak akan memanen.

Sudah bisa kita lihat Anak anak muda banyak yang sudah peduli dengan sejarah dan kampung Suku Talang. ini sudah terbukti kata Sinung Sambil menunjuk Poto poto kegiatan Pemuda Adat yang di Pajang di Ruang pertemuan.

Setelah Sambutan sambutan di meriahkan dengan beberapa Budaya diantaranya pencak silat, sebgai ilmu bela diri di masyarakat Talang mamak.

Penampilan pencak silat dilakukan Oleh pemuda Adat Pembubung, diantaranya 1 ronde diisi oleh perempuan dan ronde ke dua di isi oleh laki laki.

mengingat bahwa warisan leluhur itu sangt lah penting bagi kehidupan msyarakat adat, kita perlu melestarikannya agar tidak Hilang di telan zaman

Penulis:Suher Pemuda adat Talang Jerinjing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *