Bebual-bual bersama batin adat tentang Leluhur talang mamak

Aur cina – Rabu 13 Maret 2019. Batin Adat talang mamak melakuakan bebual-bual bersama dalam menjaga, memelihara para Leluhur yang ada Di talang mamak, Dalam perjuangan talang mamak.

Pertemuan batin adat ini di hadiri oleh datuk dubalang anak talang Muslimin, yang merupakan Datuk Penghulu /Dubalang batin sembilan di batang Tanaku. Yang bertempat di kediaman batin pembubung Darwin di Desa Aur Cina Kecamatan Batang Cenaku.

Datuk dubalang Menanyakan kepada batin adat yang hadir dalam pertemuan tersebut terkait dengan bagaimana menjaga leluhur dan bagaimana jauh dekat nya dengan kita terutama para batin adat. Yang hadir batin adat saat itu ialah batin talang paret Irasan, Batin talang Perigi Rapan, Batin Pejangki Iskandar, Manti Talang sungai Jirak Siudi. Serta Para Pemuda Adat Talang Mamak.

Datuk Muslimin juga menyampaikan kepada payung nan tiga kaki, dihulu Patih, di tengah batin perigi, di hilir batin paret bahwa leluhur ditalang mamak kuat dan meminta batin ditalang mamak benar-benar mengetahuinya. Lebihnya lagi dalam bebual-bual tersebut juga membicarakan cara mengetahui dan membangkitkan leluhur, yang akan melaksanakan sumpah leluhur

“Supaya nang bungkuk diikut tali, bulat manggulik picak melayang”.yang artinya supaya tahu yang mana benar-benar memperjuangkan untuk talang mamak.

Penulis : Suher pemuda adat dari talang jerinjing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *